Minggu, 31 Januari 2010

TIPS MEMILIH ASURANSI

Di zaman modern seperti sekarang ini hamper tidak ada yang tidak membutuhkan Asuransi, Asuransi Jiwa untuk memberikan perlindungan akan resiko bila terjadi musibah yang menimpa sesorang, misalnya ; Meninggal terlalu cepat, Sakit, Kecelakaan yang membutuhkan perawatan serius, terkena penyakit kritis, Cacat Tetap total, Meninggal terlalu lama. Manusia di wajibkan beikhtiar memperkecil resiko ekonomi yang terjadi Seperti sebuah hadits nabi yang menjadi lagu “DEMI MASSA” agar kita menjaga lima perkara sebelum datang lima perkara,
“ Pergunakanlah lima hal sebelum datangnya lima perkara; Muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.” (Hadist riwayat Muslim).
Sedangkan Asuransi General (Umum) memberikan perlindungan terhadap harta benda kita dari resiko kerugian yang mungkin terjadi.
Namun demikian tidak semua produk Asuransi dalam waktu yang bersamaan di ambil, kita harus bijak dan tepat sesuai dengan tingkat kebutuhan dan prioritasnya
Berikut ini sekedar Tips memilih asuransi Syariah ;
1. Buat sebuah analisa atau kalau memungkinkan konsultasikan dengan perencana keuangan, atau setidaknya buat analisa kebutuhan prioritas asuransi mana yang di perlukan.
2. Pilih perusahaan asuransi yang Sehat , perhatikan tingkat solvabilitasnya atau RBC nya sesuai dengan ketentuan Depkeu, atau sekurang kurang nya ada keterangan Depkeu perihal tersebut.
3. Perhatikan Cadangan Resikonya di laporan Rugi laba, asuransi yang sehat total asset harus lebih besar dari tingkat resiko yang harus ditanggung.
4. Memiliki modal setor sesuai ketentuan
5. Investasi yang di lakukan tidak menyimpang dari ketentuan Depkeu, transparan dan tidak bertentangan dengan Syariah
6. Prestasi perusahaan bisa di lihat dari rating yang di buat berbagai media
7. Memiliki standart mutu misalnya ISO
8. Diskusikan dengan agen yang professional,tanyakan hingga detail terkait dengan produk, hak dan kewajiban. Serta hukum polisnya.
9. Survey ke kantor perusahaan tersebut untuk lebih meyakinkan segala sesuatunya.
10. Jangan lupa niatkan untuk sebagai wasilah “ta’awun” salin tolong menolong sehingga bernilai ibadah.
Selamat mencoba …
Wallohu a’lam bi showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami melayani konsultasi dan pelayanan Asuransi Syariah baik produk jiwa, maupun kesehatan